Blogger Bertuah
Diberdayakan oleh Blogger.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Google Kirim Sepeda ke "Kutub Utara"



Ide Muda, Lewat Street View di Google Maps, pengguna bisa melakukan jalan-jalan virtual ke berbagai lokasi di dunia. Mulai dari Paris, San Francisco, hingga Tokyo.

Dalam waktu dekat, daftar wilayah yang bisa "dikunjungi" itu akan bertambah. Tak hanya kota-kota besar, tapi juga wilayah terpencil yang sulit dicapai.

Salah satunya adalah Cambridge Bay, sebuah desa di wilayah Nunavut. Bagian dari Kanada ini masih tercakup dalam kawasan Arktik, yaitu wilayah yang mengelilingi Kutub Utara.

Meski hanya memiliki 1.500 penduduk dan beberapa jalan raya, Cambridge Bay dan Nunavut menyimpan kisah sejarah dan warisan budaya berusia ribuan tahun.

"Kami akan menggelar misi untuk menyampaikan kisah dan membangun peta paling komprehensif dari wilayah itu," ujar Karin Tuxen-Bettman dari tim Google Earth di blog resmi Google.

Program ini digelar Google bekerja sama dengan Nunavut Tunngavik, sebuah organisasi nirlaba. Chris Kalluk, aktivis dari Nunavut Tunngavik, menjadi tuan rumah kegiatan itu.

Awalnya, mereka menggelar Map Up di Cambridge Bay. Masyarakat sekitar diundang untuk memetakan wilayah mereka dengan peranti Google, seperti Chromebook dan Map Maker.

Mulai dari para tetua adat, pakar pemetaan setempat, hingga anak sekolah berkumpul untuk menambahkan lokasi-lokasi penting di wilayah itu. Mereka memetakan jalan, sungai, dan danau. Mereka juga memetakan rumah sakit, lapangan golf, dan taman. Tak lupa, mereka juga memetakan lokasi sisa-sisa rumah prasejarah dari batu yang berumur ribuan tahun.

Setelah itu, sepeda roda tiga Street View milik Google pun dikayuh pada jalan-jalan berbatu di Cambridge Bay: menangkap pemandangan sekitar dan memungkinkan pengguna Google Maps di seluruh dunia menyaksikannya kelak.

Chris dan kawan-kawan, menurut Karin Tuxen-Bettman, akan diajari cara menggunakan beberapa perlengkapan Google. Mereka akan melanjutkan upaya memetakan wilayah Nunavut ke komunitas lain yang ada di sana.

"Ini adalah wilayah yang memiliki khazanah pengetahuan lokal dan sejarah yang kaya. Dengan alat (Google) di tangan masyarakat, kami akan bisa menyampaikan kisah Nunavut ke dunia," ujar Chris.




source

Comments :

0 komentar to “Google Kirim Sepeda ke "Kutub Utara"”

Posting Komentar

Entri Populer