Blogger Bertuah
Diberdayakan oleh Blogger.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Apple Dituduh Curi Desain Jam di iOS6



Ide Muda, Keputusan Apple menggubah tampilan aplikasi clock di iPad dalam update iOS 6 ternyata membuat Perusahaan Kereta Federal Swiss (SBB) tersinggung. Pasalnya, desain jam pada update iOS 6 itu mirip dengan jam yang dijadikan trademark perusahaan tersebut.

Desain jam yang bersangkutan, seperti dilansir oleh CNET, dibuat oleh seorang pegawai SBB bernama Hans Hilfiker pada tahun 1944. Jam hasil rancangannya itu kemudian dipakai di stasiun-stasiun kereta di Swiss yang terkenal dengan ketepatan waktunya.


Desain jam ini dilisensikan pada Mondaine, pabrikan jam dari negeri yang sama.


Seorang juru bicara SBB mengaku senang Apple memakai desain jam milik perusahaan itu pada sistem operasinya, tetapi menambahkan bahwa langkah itu dilakukan tanpa izin. Sebagai akibatnya, perusahaan ini dilaporkan sedang menyiapkan aduan hukum.


Apple dikenal getol mempertahankan rancangan dan desain miliknya sendiri, termasuk tampilan jam, agar tak ditiru pihak lain.


Tahun 2009, Apple pernah mengirim surat pada developer aplikasi Tapbots -pembuat Tweetbit dan sejumlah aplikasi iOS lain-  berisi peringatan bahwa icon jam yang digunakan pada aplikasi
pocket converter bikinan perusahaan itu terlalu mirip dengan icon jam pada aplikasi telepon milik Apple. Alhasil, Tapbot mengubah desain jam buatannya.

Belakangan, perlindungan Apple soal desain ini juga melebar ke penampilan dan rancangan fisik smartphone serta tablet miliknya. Dalam sengketa paten melawan Samsung, Apple memfokuskan gugatan pada kemiripan antara produk samsung dengan iPhone dan iPad. Bukan hanya dari segi hardware, melainkan juga tampilan aplikasi dan ikonografi yang digunakan.





source 

Comments :

0 komentar to “Apple Dituduh Curi Desain Jam di iOS6”

Posting Komentar

Entri Populer