Blogger Bertuah
Diberdayakan oleh Blogger.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Bulu Akan Tumbuh Lebih Tebal Setelah Dicukur?



Ide Muda, Mungkin Anda pernah mendengar bahwa mencukur rambut atau bulu tubuh bagian lain akan membuatnya tumbuh kembali lebih tebal dan lebat. Mitos ini sudah beredar dan menjadi sebuah kepercayaan yang juga tumbuh subur di kalangan banyak perempuan. Benarkah? Nah, seorang ilmuwan sekaligus dermatolog yang memiliki keahlian lebih khusus dalam transplantasi rambut, dr Marc Avram, memberi penjelasan yang menarik.

Profesor dermatologi Weil-Cornell Medical School, New York, AS, ini menjelaskan, "Mencabut rambut biasanya hasilnya tidak akan gundul permanen. Sebenarnya yang tercabut hanya batang rambut. Batang rambut ini merupakan bagian folikel rambut yang terlihat, dan bagian batang rambut tersebut hanya menempel pada lapisan teratas kulit. Sementara itu, bagian akar rambut yang bertugas membuat rambut tumbuh kembali akan tetap tertinggal di dalam."

Inilah mengapa, meski kita melakukan waxing di area ketiak, kaki, tangan, atau bagian tubuh hingga wajah; rambut atau bulu yang dihilangkan akan tetap tumbuh kembali, kecuali Anda melakukan perawatan menghilangkan secara permanen terhadap rambut yang tidak diinginkan.

Akan tetapi, jika Anda terus-menerus mencabut bagian rambut yang sama selama bertahun-tahun, maka itu akan menyebabkan inflamasi. Ambil contoh saja mencabuti alis. Untuk merapikan alis, tentu Anda akan mencabuti bagian yang berantakan dengan pinset. Rambut yang dicabut adalah rambut yang sama selama bertahun-tahun. Kebiasaan ini akan menyebabkan peradangan yang meninggalkan luka pada jaringan. Luka tersebut akan menjadi semen yang menutup akar rambut bagian dalam sehingga folikel rambut tak dapat tumbuh kembali.

Berbeda dengan mencabut (wax), mencukur (shaving) hanya memotong bagian batang rambut di atas dan sedikit lapisan kulit. Sebenarnya, saat tumbuh kembali, rambut tidak menjadi lebih tebal, tetapi lebih lurus dan mencuat ke luar. Sama saja seperti rambut cepak laki-laki jika Anda sentuh dengan jari-jari, terasa lebih lebat dan kasar. Itu juga terjadi pada rambut yang Anda cukur di area ketiak atau tangan dan kaki.



Comments :

0 komentar to “Bulu Akan Tumbuh Lebih Tebal Setelah Dicukur?”

Posting Komentar

Entri Populer