Diberdayakan oleh Blogger.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

3 Tempat Makan Terbaik untuk Diet



Ide Muda, Menjalankan program diet itu ada triknya. Ketika Anda sudah mencoba satu trik tertentu, dan tidak berhasil, cobalah trik yang lain. Misalnya, memilih tempat yang mendukung program diet itu. Mungkin Anda tidak menyadarinya, namun makan di tempat yang salah justru akan mendorong Anda untuk makan lebih banyak, atau mengudap sesuatu yang biasanya tidak sehat. Untuk menikmati makanan dan kudapan Anda, coba pilih dengan cara dan tempat berikut:

Makan sendirian di restoran. Banyak orang, khususnya perempuan, yang enggan makan sendirian di restoran. Alasan utamanya, takut dikira tak punya teman (sehingga memicu pandangan iba pengunjung lain), atau malah sedang menunggu selingkuhan

Namun coba amati efek baiknya. Ketika Anda makan sambil dipandangi orang lain, Anda justru akan sadar diri untuk mencoba untuk tidak terlihat rakus. Caranya, dengan memastikan porsinya tidak berlebihan, lalu makan dengan perlahan. Selain itu, karena makan ayam goreng dengan pisau dan garpu lebih sulit, Anda mungkin tidak akan menghabiskannya. Dengan demikian, Anda jadi tidak makan terlalu banyak.


Beda kalau Anda makan tanpa sepengetahuan orang lain. Anda mungkin akan merasa bebas makan apa saja yang Anda inginkan. Hasilnya, Anda mungkin makan tiga kali lebih banyak dari biasanya. Bayangkan, setelah makan nasi dengan bebek goreng, Anda juga mempunyai hidangan penutup berupa es podeng dan rujak buah (gulanya banyak banget!).


Pendek kata, kalau Anda ingin membatasi porsi makan, makanlah di hadapan sedikitnya satu orang lain.


Ruang makan di rumah. Dapur bersih, yang dilengkapi dengan meja makan, lemari es, atau lemari makan, memang terkesan hangat dan nyaman. Sebab kita bisa menjadikan dapur nyaman ini sebagai tempat ngumpul bersama keluarga. Sambil memasak, ngemil, dan minum minuman manis. Tetapi cobalah Anda amati kudapan apa yang Anda pilih ketika sedang nongkrong di dapur bersih bersama keluarga. Es krim (disendok langsung dari kemasan tubs-nya), cookies (setoples langsung habis), cake (tak cukup seiris), atau sepiring kentang goreng dari kentang beku yang Anda simpan di lemari es?  


Wow... bayangkan berapa kalori tambahan yang Anda konsumsi karena Anda tidak mengukur porsi cemilan Anda. Untuk menghindari hal ini, makanlah di meja makan, dan siapkan masakan rumahan yang memang akan disajikan untuk makan malam, atau cemilan yang ditakar porsinya. Lalu, makanlah sambil duduk agar Anda bisa menikmatinya secara perlahan untuk setiap gigitannya. Melihat piring atau mangkuk hidangan yang sudah disiapkan di atas meja makan akan memungkinkan otak mendaftar apa saja yang sudah Anda makan, dan seberapa banyaknya. Anda juga dapat mengukur rasa kenyang Anda.


Pantry di kantor. Kesibukan kerja memang bisa menjebak kita untuk makan siang di meja kerja. Tetapi ketika Anda makan sambil terus bekerja, Anda tidak akan menaruh perhatian pada apa yang Anda makan. Tahu-tahu, piring Anda yang berisi nasi padang seporsi dan lauk-pauknya sudah kosong.


Ketimbang makan di meja kerja, lebih baik Anda membawanya ke pantry. Makanlah dengan perlahan, dan fokuslah pada apa yang Anda makan. Saat Anda konsentrasi dengan sesi makan ini, Anda hanya butuh 10 menit untuk menghabiskannya. Selama itu, Anda bisa mengistirahatkan otak dan mata setelah sebelumnya menatap layar komputer terus-menerus. Selain itu, peluang untuk menurunkan berat badan juga meningkat karena Anda tidak tergoda untuk membeli jajanan lain karena lapar mata.




READ MORE - 3 Tempat Makan Terbaik untuk Diet

Nama Sandal Jepit Di Berbagai Negara Di Dunia



* Afrika Selatan: slops
* Amerika Serikat: sandals, flip-flops, go-aheads, thongs, dan zories
* Argentina: ojotas.
* Australia: thongs
* Belanda: teenslippers
* Brazil: sandálias atau chinelos
* RRC: Hanzi tradisional: 拖鞋; Pinyin: tuōxié
* Cili: sandalias atau chalas (informal)
* Ceko dan Slowakia: žabky (kodok)
* Denmark: klip-klappere
* El Salvador: yinas dan chancletas.
* Estonia: plätud.
* Filipina: tsinelas dan slippers
* Flanders: teensletsen
* Ghana: chale wotes
* Gibraltar: shanklas (dari bahasa Spanyol chanclas)
* Guam: zorries (dari kata zōri)
* Hongaria: vietnami papucs (selop Vietnam)
* India: Hawaii Chappal
* Israel: כפכפי-אצבע (kafkafey-etsba, selop jari)
* Italia: infradito (translasi literal: antarjari)
* Jamaika: slippers atau sandals.
* Jepang: beach sandal, disingkat “biisan”
* Kanada: flip flops atau thongs
* Kroasia: japanke
* Malawi: ma slippas atau ma pata pata
* Malaysia: selipar jepun
* Malta: karkur
* Meksiko: chanclas
* Myanmar: Pha Nut
* Negara dan teritori berbahasa Perancis: tongs atau claquettes; Quebec: gougounes;
* Negara Afrika berbahasa Perancis: tapettes.
* Pakistan: chappals, qainchey chappals, atau Hawaiian chappals
* Panama: chancletas, chinelas, atau chancletas “rock-’n-roll”.
* Polandia: japonki
* Rumania: slapi
* Rusia: vyetnamki, slancy
* Selandia Baru: jandals dari “Japanese sandals”
* Spanyol: chancletas atau chanclas.
* Sri Lanka: slippers atau Bata (dari nama produsen alas kaki)
* St. Lucia: katapol.
* Trinidad dan Tobago: slippers
* Turki: tokyo, şipidik, parmak-arası
* Uganda: makambos
* Uruguay: chancletas
* Venezuela: cholas
* Yunani: sagionares (dari bahasa Jepang: Sayōnara)
READ MORE - Nama Sandal Jepit Di Berbagai Negara Di Dunia

Agar Komedo Tak Berpotensi Infeksi


Ide Muda, Jangan sepelekan komedo yang muncul pada wajah Anda. Jika kulit wajah dirawat dengan tepat, komedo bisa teratasi bahkan mencegahnya muncul di wajah. Dengan perawatan wajah yang tepat, komedo teratasi dan Anda terhindar dari infeksi yang bisa menimbulkan jerawat dalam kondisi lebih parah.

Dermatolog, dr Tina Wardhani Wisesa SpKK, mengatakan komedo hitam yang tampak jelas di wajah dan kerap mengganggu penampilan, sama berbahayanya dengan komedo putih yang kerap tak terlihat tapi kotoran tersimpan lebih dalam.

"Komedo dalam jumlah banyak merupakan jerawat yang juga perlu perawatan tepat," jelas dr Tina saat Media Workshop bersama Papulex di Madeleine Bistro, Kemang, Jakarta, Rabu (17/10/2012).

Menurut dr Tina, perawatan kulit dasar, seperti membersihkan, melembabkan, dan melindungi dengan tabir surya dapat mengatasi juga mencegah masalah komedo. Selain itu, facial berkala juga bisa mengatasi atau mencegah munculnya komedo.

"Komedo terbuka hitam bisa diatasi dengan pembersihan wajah teratur. Komedo putih bantu dengan krim atau facial rutin," sarannya.

Untuk facial, bagi kulit berminyak sebaiknya lakukan rutin dua minggu sekali. Sementara untuk kulit cenderung kering lakukan facial per tiga minggu atau sebulan sekali. Dengan perawatan sederhana ini, komedo pun bisa hilang dan Anda mencegah dari potensi infeksi yang menyebabkan jerawat pada tahap lebih lanjut.

"Kalau ada komedo bakal jadi jerawat lebih lanjut, terutama setelah mulai memerah karena infeksi. Perawatan yang berkesinambungan, dan sejak dini bisa mengatasi masalah komedo ini," tutupnya.





source
READ MORE - Agar Komedo Tak Berpotensi Infeksi

10 Sikap Pria Yang Bikin Wanita Bahagia



Ide Muda, Ada anggapan yang berasal dari pengalaman hubungan pasangan menikah, yakni jika ingin hubungan atau keluarga bahagia, pastikan perempuan (istri atau ibu) selalu merasa bahagia. Ide Muda, menyebutkan ada 10 sikap laki-laki yang punya pengaruh besar terhadap kebahagiaan perempuan. Jadi, sebelum Anda berjanji setia sehidup semati dengannya, pastikan si dia memiliki kepribadian ini.

1. Mendengarkan.
Bonding pasangan suami istri semakin kuat jika si pria punya kemampuan mendengarkan yang tinggi, saat si wanita mengungkapkan atau berbagi pikirannya.

2. Memahami bahasa cinta Anda.
Anda bisa mencari tahu seberapa besar cintanya terhadap Anda, ketika si dia mampu membaca bahasa cinta Anda. Artinya, si dia harus mampu menangkap pesan cinta yang Anda berikan, dan membalasnya sesuai cara Anda menafsirkan cinta.

3. Menuliskan surat cinta.
Sikap ini boleh jadi menunjukkan romantisme tingkat tinggi, dan belum tentu semua pria mampu melakukannya. Namun, surat cinta bisa berbeda sesuai karakter si pria. Prinsipnya, perempuan akan merasa bahagia, jika laki-laki mampu menunjukkan gestur romantis dalam bentuk apa pun, sesuai kepribadiannya.

4. Berinisiatif.
Pria yang berambisi, seksi di mata wanita. Namun karakter ini hanya bisa terbukti dimiliki seorang pria, jika dia mampu menunjukkan caranya berinisiatif. Pria dengan inisiatif tinggi menjadi salah satu sumber kebahagiaan wanita.

5. Anda lah satu-satunya.

Dengan menunjukkan sikap bahwa Anda adalah satu-satunya perempuan yang dicintainya dan diinginkannya bahkan dibutuhkannya, sia dia mampu membahagiakan Anda. Jika si dia mulai membandingkan Anda dengan mantannya, atau bahkan tokoh imajinasinya, mulailah waspada karena sikap ini bisa merusak kebahagiaan Anda.

6. Punya toleransi tinggi terhadap teman Anda.
Perempuan akan merasa bahagia jika pasangannya memahami dan memiliki toleransi tinggi terhadap teman-temannya. Teman punya arti penting bagi perempuan, dan pria harus mampu menghargai hubungan persahabatan ini jika ingin perempuannya bahagia.

7. Menjaga penampilan.
Perempuan suka menjaga penampilan, dan merasa bahagia jika memiliki tubuh yang ideal, sehingga Anda pun berharap pasangan melakukan hal yang sama. Anda tentu akan tersenyum lebar dan bangga, jika pasangan selalu menjaga penampilannya, tetap fit dan selalu berusaha tampil menarik.

8. Tepat waktu.
Jika seseorang menepati waktu, saat janji akan mengajak kencan atau menemani Anda ke acara penting, tentu Anda merasa dihargai dan dianggap sebagai orang penting baginya. Bukankah bahagia rasanya jika orang lain menghargai Anda dan menunjukkan betapa pentingnya Anda baginya?

9. Tahu aturan bermesraan.
Pasangan yang sedang jatuh cinta tak sungkan mengungkapkan perasaan atau menunjukkan kemesraan di depan umum. Meski begitu, setiap pasangan punya aturan main. Kalau pria tahu aturan main ini, kapan harus menunjukkan kemesraan kapan harus menahan diri, satu lagi sumber kebahagiaan perempuan terungkapkan.

10. Menjaga kepercayaan.
Tak ada yang lebih membahagiakan dalam hubungan selain saling menghargai dan menjaga kepercayaan. Siapa pun tak ingin dikhianati. Kalau si dia menunjukkan kemampuannya menjaga kepercayaan Anda, tandanya Anda bisa meraih kebahagiaan bersamanya.





source
READ MORE - 10 Sikap Pria Yang Bikin Wanita Bahagia

Solusi Realistis Buat Si Insomnia



Ide Muda, Tak sedikit orang yang mengeluh kesulitan tidur. Mungkin Anda salah satunya. Meski sadar besok ada pekerjaan yang menumpuk, janji temu dengan klien, presentasi, tetap saja mata menyala terang. Akibatnya pagi hari Anda merasa seperti mayat hidup dan sulit kosentrasi dalam bekerja.
Menurut para ahli, tips mendapatkan tidur yang nyenyak adalah membuat kamar tidur Anda senyaman spa dengan aroma terapi atau lampu temaram dan  musik menenangkan. Jangan minum setetes kafein pun setelah jam 2 sore. Tak ada laptop atau tablet di tempat tidur.

Sudah sering mendengar dan mempraktekkan saran tersebut tetapi masih kurang efektif bagi Anda? Coba simak saran Michael Breus, PhD, yang tak biasa ini. Ia mengatakan cara terbaik mendapatkan tidur yang cukup adalah dengan menyesuaikan gaya hidup sehari-hari.

Jangan kebablasan di akhir pekan.
Menunda waktu tidur saat akhir pekan memiliki manfaat yang baik bagi Anda dengan kesulitan tidur.  Bagi Anda yang kurang tidur selama lima hari kerja sangat menggoda untuk membalas tidur di hari Sabtu dan Minggu selama mungkin. Ternyata hal itu salah, Anda memang disarankan buat tidur lebih panjang saat akhir pekan tapi hanya satu hingga dua jam dari jadwal bangun sehari-hari. "Kalau Anda tidur lebih dari itu, akan mengacaukan jam tidur Anda pada hari-hari kerja, karena akibatnya Anda tidak akan bisa tidur cepat  pada Minggu malam," kata Carol Ash E., spesialis tidur di Monmouth County, New Jersey. Ash menyarankan untuk tidur siang selama 20 menit pada jam 3 atau 4 sore, di hari libur Anda.


Meringkuk dengan dengan "si manis"

Menurut penelitian University of Chicago, orang yang tidur sendirian cenderung terbangun di tengah malam.  "Saya mengatakan kepada pasien yang tidur sendirian, mempertimbangkan untuk memelihara seekor anjing," kata Dr Lisa Shives dari University of Chicago. Hewan peliharaan membantu banyak perempuan tertidur lelap. Tidak hanya kehadiran sang peliharaan, suara nafas mereka saat tertidur juga membantu untuk merasa nyaman, terutama bagi perempuan yang terbiasa tidur bersama pasangan.

Memutar cerita pengantar tidur
Jika Anda bangun di tengah malam dan tidak dapat kembali tertidur, Dr. Shives merekomendasikan strategi baru: Tenangkan pikiran Anda dengan buku audio, dari ponsel atau pemutar musik, tetapi tutupi layar monitornya karena cahayanya bisa mengganggu. Pilih cerita yang tidak terlalu seru, jadi pilihlah sebuah biografi atau buku favorit Anda dari masa kanak-kanak. Selain itu, jika TV selama ini bisa menjadi bantuan tertidur untuk Anda, ikuti trik Breus ini: Gunakan TV dengan timer tidur, atur waktunya selama 20 menit saja.
Selamat malam, selamat tidur dan mimpi yang indah!





source
READ MORE - Solusi Realistis Buat Si Insomnia

Ketika Batik Merasuk di Industri Mode Amerika

Ide Muda, Batik sudah menjadi gaya hidup. Bukan hanya dalam bentuk kain tradisional saja, tetapi juga dalam bentuk apa saja dalam semua bidang kehidupan. Di rumah, misalnya, sarung bantal, seprai, taplak meja, hingga peralatan makan juga bisa menggunakan motif batik. Sehingga batik boleh dibilang sudah menjadi bagian dari putaran gaya hidup global.


Banyak desainer fashion dunia sekarang juga sudah mengadaptasi batik Indonesia dalam koleksi busana mereka. Mereka tidak mengambil teknik membatiknya, yang sudah diakui UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi dari Indonesia sejak 2 Oktober 2009, melainkan motifnya. Beberapa perancang atau label yang menggunakan motif ini adalah Dries Van Noten, Nicole Miller, Burberry Prorsum, dan Diane von Furstenberg.


Desainer Belgia Dries Van Noten, yang menggunakan motif batik untuk koleksi Spring/Summer 2010 yang dipamerkannya di Paris Fashion Week. Jika Anda mengamati foto-foto busana koleksinya, tampak sekali bahwa perancang yang dikenal dengan gaya print-nya ini memanfaatkan beberapa motif kain Indonesia.


Koleksi Spring/Summer 2010 dari Dries Van Noten yang ditampilkan di Paris Fashion Week.
Selain batik, ia juga menggunakan tenun ikat dan tenun songket. Ia menggunakan motif-motif tersebut untuk dicetak di atas bahan katun maupun satin. Van Noten juga mempadupadankan motif satu dengan yang lainnya dengan gaya yang playful.
Dries Van Noten juga menggunakan motif tenun ikat dan tenun songket, yang diwujudkan dalam kombinasi dress, pants, blazer, dan outerwear.
Sementara itu, perancang Amerika Nicole Miller mengeluarkan Resort Collection 2009 yang jelas sekali tampak menggunakan motif batik mega mendung. Ia mengambil tema "Bali", karena ia mengaku menerima oleh-oleh kain motif print dari asistennya yang habis melakukan perjalanan ke Bali.
Perancang Nicole Miller jelas sekali menggunakan motif batik mega mendung dalam Resort Collection 2009.

Kesan Bali sendiri hanya muncul pada motif catur yang biasa dipakai pria-pria Bali. Batik mega mendung itu dipadupadankannya dengan motif garis dan motif catur bali, dan muncul dalam bentuk dress, kaftan, tunik, topi, atau sekadar menjadi aksen.


"Maka, mengutip kata-kata Bapak Dino Patti Djalal, Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, inilah waktu tepat bagi warisan Indonesia dalam memenuhi desain kontemporer Amerika Serikat," papar pengamat fashion Petty Fatimah, saat diskusi mengenai "Pengaruh Batik pada Industri Fashion Amerika" di @america, Pacific Place, Jakarta, beberapa waktu lalu.


Menurut Petty, di luar upaya para desainer papan atas untuk menggunakan kain etnik bermotif batik tersebut, beberapa selebriti Hollywood juga punya andil yang cukup besar dalam mempopulerkan batik print. Banyak dari mereka yang memang sempat terlihat mengenakan busana dengan motif batik. Di antaranya Lenka, Adele, dan Adam Clayton (basis U2, yang memakainya saat tampil di Somerville Theatre, Boston, Massachussets, Amerika Serikat), juga Paris Hilton, Jessica Alba, Rachel Bilson, Reese Witherspoon, dan Nicole Richie.
Heidi Klum, Drew Barrymore, dan Reese Witherspoon, beberapa selebriti yang pernah tertangkap kamera mengenakan busana atau tas batik. (FOTO: PEOPLE)
"Provokasi media memang luar biasa. Ketika selebriti terlihat memakai batik, hal itu bikin orang jadi ikut tertarik dengan batik," ujar Petty.


Foto-foto para selebriti mengenakan busana bermotif batik menjadi bukti lain bahwa batik sudah merasuk di dunia internasional. Bahkan produk budaya Indonesia lain seperti kain tenun pun mulai mencuri perhatian. Di pentas mode dunia seperti New York Fashion Week atau Milan Fashion Week, kata "tenun" sudah disebut sebagai "ikat", membuktikan bahwa kata ini sudah diakui sebagai bahasa internasional.


Meskipun umumnya para perancang tersebut belum memahami teknik pembuatan batik yang sebenarnya, atau bahwa motif batik yang mereka gunakan merupakan motif batik Indonesia, sebaiknya kita mensyukurinya saja. Para perancang pasti akan membutuhkan waktu untuk mengenali dan memahami asal-muasal motif batik yang mereka pakai. Apalagi, motif print seperti batik atau ikat memang tidak hanya berasal dari Indonesia. Afrika juga memiliki batik dan ikat, salah satunya seperti yang kerap dikenakan oleh Nelson Mandela.


Sutradara Nia Dinata dalam kesempatan yang sama berpendapat bahwa kita sebenarnya tidak perlu saling berdebat mengenai siapa pemilik teknik dan motif batik yang sebenarnya. "Toh, yang cinta batik itu tetap orang Indonesia," tegasnya.


Kita lah yang menggunakan batik sebagai busana sehari-hari. Selain itu, barangkali hanya di Indonesia setiap kawasannya memiliki motif batik yang khas. Inilah kelebihan kita, dan karenanya kita tak perlu mengkhawatirkan klaim dari negara lain.






READ MORE - Ketika Batik Merasuk di Industri Mode Amerika

Batik Dalam Ritual Kehidupan Orang Indonesia



Ide Muda, Sebagai pecinta batik dan pembuat film, Nia Dinata merasa terpanggil untuk membuat film dokumenter tentang batik. Apalagi, di Indonesia belum ada film yang secara khusus mengabadikan keragaman corak batik di Indonesia berikut cerita di balik pembuatannya.


Menyusul dikukuhkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi dari Indonesia oleh UNESCO sejak 2 Oktober 2009, film Batik: Our Love Story akhirnya rampung dan diputar secara perdana pada September 2011.


Bukan hal yang mudah mengawali pembuatan film yang menyentuh realitas kehidupan pembatik, termasuk para perempuan pembatik ini. Nia mengaku ada banyak hal yang ternyata tidak dipahaminya mengenai batik, meskipun sudah mengenal kain ini sejak kecil.


"Waktu kecil saya tumbuh bersama nenek buyut saya yang mengoleksi batik. Ia merawat kain-kain batiknya dengan menutupkannya di atas sangkar ayam, lalu diasapi dengan menyan. Cara itu membuat batiknya selalu wangi. Ini menjadi suatu lovely memory buat saya," papar Nia, saat diskusi mengenai filmnya di @america, Pacific Place, Jakarta, beberapa waktu lalu.
Batik memiliki makna filosofis, dan orang Jawa hidup dengan memegang teguh filosofi tersebut. Semua tahapan dalam hidup mereka selalu ditandai dengan penggunaan batik. "Misalnya tujuh bulanan anak, pakai batik. Cukuran, pakai batik. Meninggal pun dibungkus kain batik," ujar Nia, yang melakukan riset tentang batik di Cirebon, Pekalongan, Yogyakarta, Solo, Madura, dan Lasem selama tiga bulan, sejak Januari 2011.


Di kawasan lain, batik juga menyimpan makna tersendiri. Hal inilah yang lalu mengembangkan motif batik di setiap daerah, karena para pembuatnya mengaitkannya dengan kultur mereka. Batik dari Madura menampilkan gambar-gambar ikan dan kapal, karena para pria di sana mencari nafkah sebagai nelayan. Motif ikan dan kapal menggambarkan doa dari para istri agar suami mereka selamat saat bekerja.


Lain lagi dengan batik pekalongan. Orang-orang China peranakan di kota tersebut sangat menyukai bunga, sehingga batik pekalongan pun banyak menggunakan motif bunga.


"Orang Jawa lebih filosofis, sehingga banyak menampilkan motif pemandangan yang indah, dan beragam. Motif untuk anak yang mau hamil, motifnya berisi doa-doa. Untuk pengantin digunakan motif sidomukti, yang sangat kaya pengembangannya. Tetapi pada akhirnya orang Indonesia mencintai batik karena mereka mengembangkannya with heart and soul," tugas Nia.
Dari riset yang dilakukannya, diketahui pula bahwa motif print seperti batik ternyata bukan hanya dimiliki oleh Indonesia. Namun Nia berpendapat bahwa hal ini tidak perlu diperdebatkan, karena pada akhirnya terbukti bahwa orang Indonesia lah yang mencintai batik dan mengenakannya dalam kehidupan sehari-hari.


Yang membuatnya lebih bahagia saat proses pembuatan film ini adalah menyaksikan bagaimana dedikasi para perempuan pembuat batik. "Mereka rela duduk berjam-jam dalam sehari untuk membatik. Itu artinya they have pure love terhadap batik," tukasnya.



READ MORE - Batik Dalam Ritual Kehidupan Orang Indonesia

Pasca Bersalin "Sport Therapy"



IdeMuda, Sport therapy pascabersalin merupakan salah satu latihan program fisik untuk mengembalikan berat badan (BB) dan kebugaran tubuh seperti sediakala. Latihan bisa dilakukan sejak 5-7 hari setelah melahirkan atau ketika ibu sudah bisa memobilisasi dirinya. Tentunya jika ibu tidak ada keluhan akibat bekas jahitan pada persalinan normal ataupun sesar dan tidak ada komplikasi akibat penyakit lain.

Jika jahitan operasi masih sakit, ibu bisa melakukan gerakan lain yang tidak melibatkan pergerakan otot perut. Jika ibu tidak mampu berdiri terlalu lama bisa dilakukan sambil duduk. Sangat dianjurkan, sebelum berlatih, ibu sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter kandungan.

Sebaiknya latihan dilakukan 3-5 kali seminggu. Awalnya, sesuaikan dengan kemampuan, mungkin seminggu 2-3 kali dahulu, kemudian ditingkatkan menjadi 5 kali sehari. Jangan pula terlalu sering seminggu 6-10 kali, misal, karena ibu juga harus memerhatikan kondisi bayi.

Selain itu juga jangan sampai terlalu letih mengingat ibu sedang dalam kondisi pemulihan sehabis bersalin. Kemudian, jika ibu merasakan sakit di bagian tertentu dan tidak hilang hingga 2-3 hari setelah latihan atau muncul ketidaknyamanan lain, sebaiknya konsultasikan ke dokter olahraga. Mungkin ada gerakan yang salah sehingga dokter olahraga akan mengoreksinya.

Supaya manfaat latihan bisa langsung dirasakan, ibu perlu menentukan target penurunan BB. Batas aman penurunan BB per bulan adalah 3-4 kg. Kalau memang bisa lebih dari itu boleh saja, namun kondisi kesehatan ibu harus baik. Pasalnya, untuk target yang lebih banyak, maka porsi latihan ibu harus ditambah, baik waktu maupun kualitasnya, sementara kondisi ibu pascapersalinan umumnya belum memungkinkan untuk itu.

Jika target tercapai, latihan harus ditingkatkan dengan jalan cepat, lari, atau treadmill yang kelak dilanjutkan dengan latihan normal, semisal aerobik. Ibu pun dianjurkan tidak melakukan diet ketat untuk mempercepat penurunan BB mengingat ibu harus menyusui sehingga harus makan normal dengan asupan gizi seimbang.






source
READ MORE - Pasca Bersalin "Sport Therapy"

Mengapa Perempuan Harus Lebih Dominan Saat ML?


Ide Muda, Pembagian peran antara pria dan wanita kerapkali juga merambat ke urusan ranjang. Kaum perempuan dikondisikan untuk mematuhi aturan di mana pasangannya harus lebih dominan saat berhubungan seks. Namun mematuhi aturan ini kadang membuat perempuan merasa kurang nyaman, dan akhirnya berkurang pula rasa amannya, demikian menurut para peneliti dari Yale University.


Hal ini bahkan masih berlaku di Amerika, negara yang diyakini menjunjung tinggi hak asasi manusia. Di negara ini perempuan secara seksual masih dituntut untuk tunduk pada laki-laki (submissive), sedangkan laki-laki harus lebih dominan.


"Penemuan kami menunjukkan, bagi pria dan wanita, semakin mereka mendukung hirarki kekuasaan tradisional dalam masyarakat, semakin mereka meyakini bahwa pria harus dominan secara seksual, semakin rendah pula kepercayaan diridan kompetensi perempuan secara seksual," papar kepala peneliti Lisa Rosenthal, PhD, dari Yale University.

Sebelumnya, para peneliti melakukan eksperimen terhadap 357 perempuan dan 126 laki-laki usia 18-29 tahun, yang aktif secara seksual. Peneliti ingin mengungkap tingkat kepercayaan diri secara seksual, keyakinan mereka mengenai siapa yang harus dominan secara seksual, sikap asertif mereka secara seksual, dan bagaimana perilaku secara umum mengenai peran sosial dari kedua jender.


Para responden menjalani wawancara secara pribadi dengan para peneliti. Di setiap kubikel, tersedia mangkuk berisi kondom perempuan yang diberikan gratis. Mangkuk tersebut bertuliskan: "Lindungi diri Anda dan pasangan. Silakan ambil! Free Female Condoms". Dari sinilah terungkap bagaimana perilaku mereka secara seksual.


Responden perempuan yang biasanya membiarkan pasangan mereka mendominasi dalam urusan seks, ternyata jarang yang mengambil kondom gratis tersebut.


"Ketika pria meyakini bahwa mereka harus dominan secara seksual, hal itu akan membuat pasangan mereka tidak mau terbuka, atau nyaman saat berdiskusi mengenai perilaku seksualnya, termasuk mengenai proteksinya. Mereka juga enggan bertanya tentang hal-hal yang tidak mereka ketahui, dan hal ini bisa mengurangi kepercayaan diri mereka secara seksual," tulis para peneliti dalam artikel mereka di Sex Roles Journal of Research,


Bagi pria maupun wanita, keyakinan bahwa pria lah yang harus dominan secara seksual membuat minat terhadap kondom perempuan ini berkurang. Hal ini disebabkan kondom perempuan dirancang sebagai sumber proteksi yang berpusat pada perempuan, dan mungkin dipandang menyalahi norma atau keyakinan bahwa pria seharusnya mengontrol segala situasi seksual.


Sebaliknya, semakin Anda memberdayakan diri, dan semakin Anda meyakini bahwa relasi seks seharusnya setara antara pria dan wanita, semakin Anda ingin memberi perlindungan pada diri sendiri. Selain itu tentunya Anda menjadi semakin percaya diri, berani mengambil alih peran, dan mampu menikmatinya.





READ MORE - Mengapa Perempuan Harus Lebih Dominan Saat ML?

Kalau Pacar Naksir Sahabat



Teman "makan" teman, kadang terjadi dalam persahabatan. Si Dia sering bertemu dengan sahabat, dilanjutkan dengan saling curhat, bisa menjadi pemicu kekasih jatuh cinta pada sahabat.

Baru-baru ini, psikolog Steven Most dan timnya dari University of Delaware, Amerika, mengungkapkan kalau semakin hari perempuan makin mudah cemburu dengan kekasihnya. Dari 300 responden, 40 persen di antaranya kerap lebih cemburu dengan sahabat perempuannya sendiri.

Steven Most menyarankan kita untuk melacak "jejak hati" si Dia sebelum menuduh dia sudah berselingkuh hati dengan sahabat. Ini tujuh tanda yang bisa menunjukkan kalau dia memang ada hati dengan sahabat:

Situasi 1: Dia nyambung banget waktu ngobrol dengan sahabat. Tapi di belakang, dia sering memberi penilaian negatif, khususnya soal fisik. Padahal kalau kita pikir dan lihat tidak ada yang salah tuh dengan penampilannya. Misalnya, sebut saja nama sahabat kita A, si dia sering komentar, "Si A kalau pakai baju suka saltum yah," atau, "Ih, aku enggak suka perempuan berambut pendek."
Arti: sebagian besar ketidaksukaan pria pada teman perempuan biasanya bukan pada fisik, melainkan sikap. Bila memang tidak suka, mereka pasti lebih memilih untuk jaga jarak dan bukan makin akrab. Kalau kejadiannya seperti situasi ini, bisa jadi ini memang triknya supaya Anda tidak cemburu atau curiga kalau ia memendam rasa.

Situasi 2: Bisa juga kebalikannya. Ia sangat mengagumi sahabat kita, baik penampilan atau sikap, walau tak menyebutkan nama. Pokoknya, apa pun perubahan pada diri si sahabat, dia ngeh banget. Misalnya, "Si A habis potong rambut ya,""Kok, sekarang dia kurusan, jadi tambah manis".
Arti: Kagum itu biasa. Tapi kalau rasa kagumnya terhadap sahabat mulai berlebihan, artinya ia memang tertarik.

Situasi 3: Si Dia sering berhubungan dengan sahabat lewat SMS atau telepon dengan alasan silaturahmi tapi sering curhat, atau minta pendapat.
Arti: Sekecil apa pun, hubungan yg terjadi antara dia dengan sahabat kita, sebagai kekasih yang baik harusnya ia terbuka. Bila ada yang ditutup-tutupi apalagi sampai kepergok mengajak sahabat kita jalan bareng, ini harus segera diklarifikasi.

Situasi 4: Si Dia mulai menunjukkan kontak fisik dengan sahabat. Misalnya, spontan mengusap kepalanya. Memegang punggungnya saat memberi jalan, kontak mata lebih dari lima detik, dan pastinya ada "sinyal" lebih yang ia berikan.
Arti: Pria sangat menjaga kontak fisik kecuali ia punya "perasaan" lebih. Apalagi kontak mata dengan perempuan lain di depan kekasihnya. Itu pertanda kalau ia mulai tak menghargai keberadaan kita.

Situasi 5: Perhatian lebih. Tiba-tiba saja ia sering menanyakan kabar sahabat. Kalau biasanya ia malas mengantar teman-teman yang lain, khusus untuk sahabat kita yang satu itu ia mendadak peduli, dan kalau Anda berdua berencana pergi akhir pekan, si Dia sering bilang, "Ajak si A juga ya."
Arti: Jangan-jangan keberadaan dia di sisinya menjadi penting. Waktunya waspada.

Situasi 6: Salah panggil nama. Harusnya, "Ini baguskan sayang," jadi "Ini bagus kan (nama sahabat kita)."
Arti: Pikiran dan hatinya mulai terbagi.

Situasi 7: Peduli dengan status dan mulai memberi penilaian kepada pacarnya sahabat kita itu. Misalnya "Aku enggak suka dengan pacarnya si A," atau "Kok seleranya si A gitu ya."
Arti: Ia mulai cemburu. Kalau kata orang cemburu tanda cinta.
READ MORE - Kalau Pacar Naksir Sahabat

1 dari 5 Karyawan Selingkuh dengan Bos Demi Jabatan



Cinta lokasi tidak hanya terjadi di lokasi syuting, tetapi juga di tempat kerja lainnya. Di kantor Anda menghabiskan hampir seluruh waktu produktif Anda. Sangat mungkin di sela-sela pembahasan soal pekerjaan itu, Anda juga membahas soal perasaan-perasaan Anda.


Di kantor-kantor pula, para karyawan kabarnya rela berselingkuh dengan atasannya untuk melicinkan jalan agar naik jabatan. Survei dari staffbay.com mengungkapkan, 20 persen karyawan akan mempertimbangkan untuk "tidur" dengan atasannya bila hal itu membuatnya dipromosikan.


Di luar dugaan, kecenderungan itu lebih banyak terjadi pada kaum pria daripada wanita. Sebanyak 30 persen pria bersedia "tidur" dengan si bos (wanita, tentunya!) demi promosi jabatan. Sedangkan kaum wanita yang rela melakukannya hanya 8 persen.

"Hasil survei ini sangat mengejutkan, khususnya melihat perbedaan besar antara perilaku pria dan wanita mengenai hal ini," papar Tony Wilmot, pendiri staffbay.com.

Sebanyak 5.000 pencari kerja dilibatkan dalam jajak pendapat dari situs lowongan kerja ini. Mereka ditanya mengenai harapan dalam karier, dan 7 persen di antaranya mengaku sudah pasti rela "tidur" dengan atasan untuk mengamankan jabatan yang diincar. Kemudian, 12 persennya tanpa ragu mengatakan bahwa hal itu pastinya merupakan sesuatu yang akan dipertimbangkan.


Dari pengalaman banyak orang, sebenarnya menjalin hubungan dengan rekan kerja -apalagi dengan bos- bukanlah sesuatu yang ideal. Terlepas dari kegembiraan karena bisa bertemu kekasih setiap saat, banyak juga situasi buruk yang bisa mengancam hubungan Anda. Yang terutama, Anda akan menjadi bahan gunjingan rekan kerja yang lain. Kemudian ketika hubungan tak berlanjut, situasi Anda dan si mantan akan serba canggung.

Itu sebabnya, Wilmot mengatakan bahwa hubungan asmara di kantor memang bukan langkah yang cerdas.

"Affair di kantor itu bukan ide yang bagus karena manajer senior sudah memiliki posisi pemegang kekuatan, dan karena itu tidak ada jaminan bahwa mereka akan terus berada dalam posisi tawar-menawar," katanya.


Ketika Anda sudah mengorbankan perasaan Anda demi mengambil hati si bos, dan ternyata tidak ada hasilnya, hal ini juga menjadi satu masalah baru bukan?





source
READ MORE - 1 dari 5 Karyawan Selingkuh dengan Bos Demi Jabatan

Entri Populer