Diberdayakan oleh Blogger.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Solusi Realistis Buat Si Insomnia



Ide Muda, Tak sedikit orang yang mengeluh kesulitan tidur. Mungkin Anda salah satunya. Meski sadar besok ada pekerjaan yang menumpuk, janji temu dengan klien, presentasi, tetap saja mata menyala terang. Akibatnya pagi hari Anda merasa seperti mayat hidup dan sulit kosentrasi dalam bekerja.
Menurut para ahli, tips mendapatkan tidur yang nyenyak adalah membuat kamar tidur Anda senyaman spa dengan aroma terapi atau lampu temaram dan  musik menenangkan. Jangan minum setetes kafein pun setelah jam 2 sore. Tak ada laptop atau tablet di tempat tidur.

Sudah sering mendengar dan mempraktekkan saran tersebut tetapi masih kurang efektif bagi Anda? Coba simak saran Michael Breus, PhD, yang tak biasa ini. Ia mengatakan cara terbaik mendapatkan tidur yang cukup adalah dengan menyesuaikan gaya hidup sehari-hari.

Jangan kebablasan di akhir pekan.
Menunda waktu tidur saat akhir pekan memiliki manfaat yang baik bagi Anda dengan kesulitan tidur.  Bagi Anda yang kurang tidur selama lima hari kerja sangat menggoda untuk membalas tidur di hari Sabtu dan Minggu selama mungkin. Ternyata hal itu salah, Anda memang disarankan buat tidur lebih panjang saat akhir pekan tapi hanya satu hingga dua jam dari jadwal bangun sehari-hari. "Kalau Anda tidur lebih dari itu, akan mengacaukan jam tidur Anda pada hari-hari kerja, karena akibatnya Anda tidak akan bisa tidur cepat  pada Minggu malam," kata Carol Ash E., spesialis tidur di Monmouth County, New Jersey. Ash menyarankan untuk tidur siang selama 20 menit pada jam 3 atau 4 sore, di hari libur Anda.


Meringkuk dengan dengan "si manis"

Menurut penelitian University of Chicago, orang yang tidur sendirian cenderung terbangun di tengah malam.  "Saya mengatakan kepada pasien yang tidur sendirian, mempertimbangkan untuk memelihara seekor anjing," kata Dr Lisa Shives dari University of Chicago. Hewan peliharaan membantu banyak perempuan tertidur lelap. Tidak hanya kehadiran sang peliharaan, suara nafas mereka saat tertidur juga membantu untuk merasa nyaman, terutama bagi perempuan yang terbiasa tidur bersama pasangan.

Memutar cerita pengantar tidur
Jika Anda bangun di tengah malam dan tidak dapat kembali tertidur, Dr. Shives merekomendasikan strategi baru: Tenangkan pikiran Anda dengan buku audio, dari ponsel atau pemutar musik, tetapi tutupi layar monitornya karena cahayanya bisa mengganggu. Pilih cerita yang tidak terlalu seru, jadi pilihlah sebuah biografi atau buku favorit Anda dari masa kanak-kanak. Selain itu, jika TV selama ini bisa menjadi bantuan tertidur untuk Anda, ikuti trik Breus ini: Gunakan TV dengan timer tidur, atur waktunya selama 20 menit saja.
Selamat malam, selamat tidur dan mimpi yang indah!





source

Comments :

0 komentar to “Solusi Realistis Buat Si Insomnia”

Posting Komentar

Entri Populer