Diberdayakan oleh Blogger.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Ingin Kulit Cerah? Tidurlah Pukul 22.00



Ide Muda, Merawat kulit agar tetap cantik dan sehat ternyata tak butuh biaya yang mahal. Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Eddy Karta, SpKK, mengungkapkan cara paling mudah dan murah untuk mendapatkan kulit cantik, sehat, dan tidak kusam, adalah minum air putih dan istirahat.

Istirahat, atau tidur, memang sudah Anda lakukan setiap hari. Tetapi Anda harus memenuhi kebutuhan tidur yang cukup, yaitu delapan jam sehari. Setelah terpapar polusi dan sinar matahari yang merusak kesehatan, kulit punya peluang untuk terbebas dari "siksaan" ini saat tidur malam. Malam hari juga menjadi waktu terbaik untuk pertumbuhan dan perbaikan sel kulit.
"Kulit sendiri mengalami banyak hal menakjubkan di malam hari, salah satunya regenerasi kulit. Regenerasi kulit ini akan berpengaruh pada kondisi kulit dan tingkat kecerahannya," jelas Eddy, saat peluncuran produk losion malam di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Proses regenerasi yang terjadi pada kulit merupakan sebuah proses pembelahan sel kulit muda untuk menggantikan lapisan kulit yang sudah tua dan rusak di lapisan teratas kulit. Proses pembelahan sel ini sebenarnya terjadi setiap waktu, hanya saja berbagai masalah yang dialami kulit akan menghambat terjadinya pembelahan ini.

"Kondisi malam hari dengan menurunnya aktivitas dan adanya irama sirkadian (kondisi tubuh secara alami untuk mengatur waktu istirahat) ini membuat proses pembelahan sel kulit lebih efektif dibanding siang hari," tukasnya.

Ia menambahkan, kondisi puncak proses pembelahan sel ternyata terjadi pada pukul 22.00. Pada jam ini, sel kulit ternyata mengalami pembelahan 30 kali lebih efektif dan sempurna dibanding jam lainnya. "Maka, hindari begadang dan tidurlah paling lambat pukul 22.00," katanya. Tidur lebih cepat juga memberi manfaat lain, lho. Misalnya, tidur jadi lebih pulas, dan lebih berenergi pada esok harinya.

Untuk mendapatkan regenerasi sel yang sempurna, kulit membutuhkan bantuan dan cadangan energi dalam melakukan aktivitasnya. Cadangan energi pembelahan sel didapatkan dari fosfat, karbohidrat, lemak, serta beberapa vitamin dan mineral yang didapatkan dari makanan.
Lalu apa yang terjadi kalau tidak tidur pukul 22.00?

Saat tubuh belum dikondisikan untuk beristirahat karena tenggat waktu pekerjaan, pembelahan sel tidak akan berlangsung sempurna dan efektif. Hal ini terjadi karena cadangan energi yang dibutuhkan untuk pembelahan sel dialihkan untuk melakukan pekerjaan lain yang Anda lakukan, yang dianggap tubuh lebih penting untuk dilakukan. Akibatnya, sel kulit tua tidak akan terkikis sempurna. Pembelahan sel baru tidak efektif, dan kulit Anda malah jadi terlihat lebih tua.




source

Comments :

0 komentar to “Ingin Kulit Cerah? Tidurlah Pukul 22.00”

Posting Komentar

Entri Populer