Diberdayakan oleh Blogger.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

3 Cara Lekatkan Hubungan Orangtua dan Anak



Ide Muda, Agar bisa tumbuh dan berkembang dengan maksimal, anak butuh perhatian dan kasih sayang orangtua. Psikolog Roslina Verauli mengungkapkan bahwa anak tidak hanya butuh kuantitas waktu kebersamaan bersama orangtuanya, tetapi juga kualitasnya.

"Antara orangtua dan anak seharusnya lekat bukan hanya dekat. Dekat memiliki arti kedekatan fisik, sedangkan lekat berarti dekat di hati. Kedua kedekatan ini idealnya harus dimiliki orangtua dan anak," ungkap Roslina kepada Kompas Female beberapa waktu lalu di Jakarta.
Roslina menambahkan, ada tiga cara mudah untuk melekatkan hubungan orangtua dengan anak, yaitu:
1. Introspeksi diri
Sering kali orangtua merasa punya hubungan yang baik dengan anak-anaknya. Padahal, belum tentu si anak merasa benar-benar dekat dan nyaman dengan orangtuanya. Untuk itu, Roslina menyarankan untuk mulai introspeksi diri. "Tanyakan kepada diri sendiri, apakah Anda pernah menyatakan rasa sayang kepada anak? Kapan kali terakhir Anda mengungkapkannya?" tanyanya.

Ungkapan rasa sayang pada anak bertujuan untuk meyakinkan dan memberi penegasan bahwa Anda benar-benar mencintainya. Selain itu, ungkapan ini juga berguna untuk membuat anak merasa nyaman dan terlindungi saat ada di dekat Anda. Anak memiliki sifat mudah merasa aman dan akrab ketika ia berada di dekat orang yang diketahui menyayanginya.

2. Menatap mata
Mata adalah pancaran hati. Selain mengungkapkan kata-kata sayang, ungkapkan juga rasa sayang Anda dengan menatapnya penuh cinta. "Kasih sayang dan perhatian yang tulus akan terlihat dari cara Anda memandang anak. Ada pancaran kebahagiaan dan kehangatan yang akan dirasakan anak melalui tatapan mata Anda," katanya. 

3. Waktu istimewa
Untuk mengakrabkan hubungan dengan anak, sebaiknya orangtua menyediakan waktu khusus bersama anak. Anda tidak harus menyediakan waktu khusus untuk melakukan suatu kegiatan besar seperti berakhir pekan atau berlibur bersama. Sediakan saja lebih banyak waktu ketika Anda hanya berdua bersama anak untuk saling bercerita, bertukar pengalaman, bermain, atau bahkan curhat.

"Waktu intim inilah yang dibutuhkan anak untuk bisa dekat dan bicara apa saja dengan jujur kepada orangtuanya," ungkapnya. Jika memiliki lebih dari satu anak, maka buatlah daftar giliran untuk menghabiskan waktu dengan anak satu per satu secara bergantian. Dalam waktu spesial ini, Anda bisa mencurahkan cinta sepenuhnya kepada anak.



Comments :

0 komentar to “3 Cara Lekatkan Hubungan Orangtua dan Anak”

Posting Komentar

Entri Populer