Diberdayakan oleh Blogger.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Manfaat Ginseng Tak Cuma untuk Kecantikan



Ide Muda, Sekalipun banyak negara memiliki tanaman ginseng, namun Korea dianggap sebagai negara penghasil ginseng terbaik di dunia. Hal ini dikarenakan Korea memiliki ginseng berusia enam tahun yang paling bermanfaat dibandingkan ginseng lain.

"Ginseng Korea adalah ginseng yang paling istimewa karena memiliki kandungan saponin yang paling tinggi," jelas Yati dari Amethyst Ginseng Center, saat kunjungan media ke Seoul, Korea Selatan, beberapa waktu lalu. Saponin merupakan senyawa ginsenosida yang terkandung dalam ginseng.

Letak geografis Korea membuat kondisi iklim dan tanahnya sangat cocok untuk pertumbuhan ginseng yang prima. Ginseng akan mulai berumbi setelah memasuki tahun keempat pertumbuhannya. Pada usia ini ginseng sebenarnya sudah bisa dipanen dan digunakan untuk berbagai keperluan seperti campuran makanan atau minuman. Namun kandungan saponin akan memuncak saat ginseng berusia enam tahun dan turun kembali pada tahun ketujuh karena kekurangan nutrisi dalam tanah. 

Ginseng berusia enam tahun mengandung sekitar 37 macam senyawa saponin seperti Protopanaxadiol (PD), Protopanaxatriol (PT), dan Oleanane yang bermanfaat positif bagi tubuh, dan ini merupakan kadar yang paling tinggi dibandingkan semua usia ginseng dari negara lain seperti Jepang (8 macam), Amerika (14 macam), dan China (15 macam).

"Namun karena berbagai faktor, tidak semua ginseng bisa bertahan sampai enam tahun, dan sampai saat ini masih sedikit yang bisa bertahan. Hal ini menyebabkan ginseng Korea enam tahun tidak diekspor keluar negeri," tambahnya.

Senyawa saponin dalam ginseng memiliki banyak manfaat. Dalam dunia kesehatan, konsumsi ginseng secara teratur bisa membantu mengatasi diabetes, menjadi obat antikanker, menguatkan jantung, menjaga pencernaan, mengurangi stres, menambah stamina, mencegah anemia, meningkatkan kekebalan tubuh, menguatkan otak, sampai menambah kesuburan laki-laki dan perempuan.

Manfaat ginseng untuk kecantikan
Ginseng tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tapi juga untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. "Saponin juga berfungsi sebagai antioksidan, pencerah alami kulit dan antiaging," ujar Yati.

Untuk menjaga kecantikan, ginseng ini tidak hanya bisa dikonsumsi sebagai minuman atau obat saja. Ginseng dalam bentuk bubuk bisa digunakan sebagai masker wajah. Ginseng bubuk ini bisa didapatkan di berbagai toko obat herbal di kawasan Pecinan. Namun jika kesulitan mendapatkannya, Anda bisa menghaluskan ginseng utuh dan mengaplikasikannya ke wajah sebagai masker. Agar hasilnya maksimal, masker wajah ini bisa digunakan seminggu sekali.

Ginseng bubuk juga bisa digunakan sebagai campuran dalam pelembab. Selain menjaga kulit tetap lembab, campuran ginseng ini berguna untuk menghambat penuaan kulit dan mencegah timbulnya keriput. Khusus pelembab, sebaiknya gunakan minimal dua hari sekali.



Comments :

1
Toko Online Kalistajaya mengatakan... on 

muaaantaap mg bermanfaat.

Posting Komentar

Entri Populer