Diberdayakan oleh Blogger.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Mampu Nggak, Sih, Saya Melakukan Hal Itu?



Ide Muda, Bagaimana cara yang tepat untuk mengetahui sejauh mana kemampuan kita dalam melakukan sesuatu? 

Pertama, sukai apa yang Anda lakukan. Kedua, kenali manfaat yang Anda berikan. Ketiga, hargai apa yang Anda lakukan. Misalnya, Anda ingin mengetahui sejauh  mana kemampuan Anda di bidang pekerjaan Anda. Maka hal yang perlu Anda lakukan adalah:

Pertama, menyukai apa yang Anda lakukan. Nah, untuk mengetahui apakah selama ini Anda menyukai apa yang Anda lakukan atau sebaliknya, bertanyalah kepada diri Anda sendiri dan jawablah dengan jujur ,”Sudahkah saya benar-benar menyukai pekerjaan ini?”
Jika jawabannya adalah "ya, saya sangat menyukai pekerjaan ini", maka Anda siap menuju pertanyaan kedua. Tetapi jika jawabannya adalah "tidak, saya tidak suka atau benci dengan pekerjaan ini" maka hal yang harus Anda lakukan adalah menyukainya. Caranya, dengan mengenali manfaat yang Anda berikan dari pekerjaan Anda. Pastikan bahwa apa yang Anda lakukan memberi manfaat baik bagi diri Anda juga orang lain. Yang dimaksud manfaat di sini bukan sama sekali nilai materi dalam hal ini uang, tetapi manfaat yang didapatkan orang lain dari pekerjaan Anda ini.

Kedua, lakukan yang terbaik. Artinya, ketika Anda mengerjakan pekerjaan Anda, pastikan Anda memberikan yang terbaik, bukan setengah-setengah apalagi penuh dengan keluhan. Untuk mengetahui apakah Anda telah melakukan yang terbaik jawablah pertanyaan berikut ini.” Sudahkah saya benar-benar bekerja dengan sepenuh hati di pekerjaan ini?”

Ketika Anda melakukan yang terbaik, maka saat itu juga Anda memberikan manfaat yang berlipat-lipat, yaitu bagi diri Anda pribadi berupa kepuasan dan kebahagiaan hati, atasan maupun perusahaan di mana Anda bekerja serta orang lain atau customer yang mendapatkan manfaat dari pekerjaan Anda.

Ketiga, hargai apa yang Anda lakukan. Seringkali kita memaksa diri kita untuk memberikan yang terbaik, namun lupa menghargai apa yang kita lakukan. Memangnya seberapa penting sih kita menghargai apa yang kita lakukan? Jawabannya sangatlah penting.

Dengan menghargai apa yang kita lakukan, maka rasa syukur itu semakin tumbuh di dalam diri kita. Akibatnya, kebahagiaan diri meresap di dalam hati. Ketika hati kita bahagia, maka di situlah diri kita mampu memberikan yang terbaik. Dan ketika diri kita mampu memberikan yang terbaik, di situlah kita mampu memberikan manfaat kepada banyak orang. Luar biasa, bukan? Selamat mempraktekkan!




source

Comments :

1
ghani mengatakan... on 

semangat, kita pasti bisa

Posting Komentar

Entri Populer