Diberdayakan oleh Blogger.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Sisihkan 10 Persen untuk Jaminan Hari Tua



Ide Muda, Saat menerima gaji bulanan biasanya Anda langsung memikirkan barang-barang dan kebutuhan yang ingin dibeli. Hal ini tidaklah salah, karena Anda punya hak khusus untuk menikmati hasil jerih payah yang sudah Anda lakukan selama satu bulan penuh. Hanya saja, jangan lupa untuk menyisihkan gaji untuk ditabung demi perencanaan masa pensiun.


"Mempersiapkan dana pensiun sejak dini merupakan langkah yang harus diperhitungkan oleh semua perempuan Indonesia, salah satunya dengan berinvestasi," jelas Harsya Prasetyo, Senior Vice President-Retail Investment and Consumer Treasury Head Citi Indonesia dalam talkshow keuangan di Jakarta, beberapa waktu lalu.


Dalam perencanaan keuangan jangka panjang, perempuan dianggap konservatif dan sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan investasi, sehingga mereka kurang percaya diri untuk berinvestasi. Padahal ada cara yang lebih mudah dan sederhana untuk mulai berinvestasi.


"Menabung juga salah satu bentuk investasi. Biasakan untuk selalu menabung setiap bulannya. Misalnya dimulai dengan menabung Rp.50.000 per hari dan dikumpulkan selama satu bulan. Ini bisa membantu mengontrol pengeluaran secara bertahap," tukas Hario Soeprobo, President Director First State Investment Indonesia.


Jumlah tabungan setiap bulannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan utama setiap bulan. Namun ia menyarankan untuk selalu menyisihkan minimal 10 persen dari pendapatan Anda setiap bulan untuk diinvestasikan.


Setelah tabungan yang terkumpul cukup banyak, langkah selanjutnya adalah dengan meningkatkan "level" tabungan menjadi deposito, reksadana, saham, emas, properti, dan lain-lain.


"Dengan demikian setidaknya Anda punya jaminan dan kemandirian finansial untuk mempersiapkan masa pensiun kelak," pungkas Hario.





Comments :

0 komentar to “Sisihkan 10 Persen untuk Jaminan Hari Tua”

Posting Komentar

Entri Populer