Diberdayakan oleh Blogger.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Sukses Berwirausaha Berkat Inovasi dan Kemitraan



Ide Muda, Inovasi menjadi kunci keberhasilan berwirausaha. Karena dengan berinovasi, entrepreneur tergerak untuk selalu kreatif mencipta pasar bukan hanya bergantung pada pasar.

Keberhasilan dalam menciptakan terobosan telah dibuktikan oleh penyedia jasa belanja online, Lojai.com. Jeli melihat kebutuhan pasar dan kebiasaan masyarakat Indonesia, Lojai.com berkolaborasi dengan perbankan penerbit kartu kredit, untuk memberikan layanan belanja online dengan cicilan menggunakan kartu kredit.

Pengamatan terhadap kebiasaan masyarakat ini pun membawa hasil. Sebanyak 70 persen transaksi di Lojai.com disumbangkan dari fasilitas cicilan menggunakan kartu kredit ini. Atas inovasinya ini, Lojai.com pun meraih rekor MURI untuk kategori “Belanja Online Pertama dengan Fasilitas Cicilan menggunakan Kartu Kredit”.

“Wirausahawan sejati harus tidak tergantung pasar, tapi harus menciptakan pasar. Belanja online luar negeri umumnya tak mengenal cicilan. Peluang ini dimanfaatkan dengan baik oleh Lojai.com, sehingga MURI memberikan sertifikat Belanja Online Pertama dengan Fasilitas Cicilan Menggunakan Kartu Kredit. Ini bukan saja yang pertama di Indonesia, namun juga dunia,” kata Jaya Suprana di sela temu media di Jaya Suprana School of Perfoming Arts (JS SPArts), Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (8/10/2012).

CEO Agnaprosperindo Abadi (Lojai.com), Agus Tjandra, mengatakan perusahaan lokal harus berani berinovasi.Sejumlah inovasi pun dilakukan Agus untuk mengembangkan bisnis e-commerce-nya.

“Hampir semua produk di Lojai.com bisa dicicil mulai dari gadget, elektronik, aksesoris, fashion hingga buku. Konsumen tinggal isi formulir pemesanan di website, serta boleh pilih ingin mencicil dengan kartu kredit dari bank mana saja yang telah bekerja sama dengan Lojai. Lama mencicil bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen,” ujar Agus.

Keberhasilan bisnis e-commerce juga didukung kemampuan menjalin kemitraan dengan banyak bank untuk mendukung sistem pembayaran belanja online. "Mendapatkan kepercayaan bank untuk bersedia bermitra bukan hal mudah. Namun kami berhasil membuktikan mampu berkolaborasi dengan banyak bank, tidak hanya lokal, namun juga internasional. Antara lain, perbankan bersedia memberikan cicilan nol persen selama 12 bulan bagi konsumen yang berbelanja online,” imbuh Agus.

Pada 2011, sebanyak sembilan bank berkolaborasi dengan Lojai.com untuk belanja cicilan dengan bunga nol persen. Jumlah itu meningkat menjadi 11 bank hingga Oktober 2012, dan diperkirakan akan menjadi 12 bank yang bermitra dengan Lojai.com untuk fasilitas cicilan nol persen pada akhir 2012.

Selain cicilan, fasilitas pembayaran yang bisa dilakukan saat belanja di Lojai.com termasuk transfer, cash on delivery (pelanggan membayar saat belanja sampai dengan swipe kartu kredit di tempat), KlikBCA, dan pembayaran penuh dengan kartu kredit Visa/Mastercard.

Konsumen juga bisa belanja sepeda motor dengan cicilan dengan bunga nol persen untuk jangka pendek dan bunga ringan untuk cicilan selama 24 bulan menggunakan kartu kredit. Khusus untuk cicilan kendaraan bermotor, dikatakan Agus, Lojai.com menawarkan sejumlah manfaat bagi konsumen antara lain tidak perlu melakukan pembayaran di muka, BPKB bisa dipegang oleh pembeli selama masa mencicil, juga pemegang kartu mendapatkan point reward atas nilai total belanja kartu kreditnya.

Memberikan lebih banyak pilihan pembayaran menjadi tantangan bagi e-commerce lokal ini untuk terus membuat terobosan baru. "Saat ini kami tengah melakukan integrasi pembayaran dengan KlikPay BCA, KlikPay Mandiri serta MobilePayment BII. Pilihan konsumen untuk pembayaran belanja online di Lojai.com makin bertambah,” imbuh Agus.

Melihat peluang dari kebiasaan masyarakat menjadi kunci keberhasilan bisnis e-commerce Agus ini. Salah satu kejeliannya melihat peluang diwujudkan dengan rencana merilis aplikasi untuk pengguna ponsel pintar berbasis android sehingga akan memudahkan mereka untuk berbelanja online.

Agus optimistis Lojai.com akan menjadi e-commerce nomor satu di Indonesia karena memiliki beberapa keunggulan kompetitif. Mulai akses langsung ke para pemegang kartu kredit, merchant dan brand besar di Indonesia, serta pengelola dan SDM yang memahami pasar.

“Basis bisnis kami berawal dari penjualan lewat katalog melalui kemitraan dengan sejumlah bank terkemuka di Indonesia. Pengembangan usaha ke bisnis online melalui Lojai.com merupakan langkah strategis perusahaan dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat,” tegasnya.

Mengantisipasi risiko penyalahgunaan kartu yang mungkin terjadi dalam e-commerce, Agus menyatakan pihaknya telah menerapkan sistem proteksi dan keamanan transaksi. Sejauh ini Lojai mencatatkan diri sebagai  salah satu e-commerce retailer pertama di Indonesia yang menggunakan 3D Secure Code.

Saat ini pasar Lojai.com utamanya masih di kota-kota besar di Jawa terutama Jakarta. Namun demikian ke depan akan terus dikembangkan ke luar Jawa, terutama Indonesia bagian timur. Bisnis e-commerce asal Indonesia ini juag bersiap memasuki pasar Asia Tenggara seperti Brunei, Vietnam, Thailand dan Singapura.

Untuk mendukung bisnis e-commerce, ke depan juga akan dilakukan pengembangan unit bisnis pendukung antara lain di bidang logistik, pembiayaan, jasa travel, branding (private label), dan sourcing.





source

Comments :

0 komentar to “Sukses Berwirausaha Berkat Inovasi dan Kemitraan”

Posting Komentar

Entri Populer