Diberdayakan oleh Blogger.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Bermain Tanah Bangun Kekebalan Tubuh Anak



Ide Muda, Ketika bayi bermain dan makan tanah, reaksi kita pasti akan langsung panik. Ternyata, selain kotoran yang tertelan mereka juga menelan mikro-organisme yang membantu dalam membangun respon kekebalan tubuh yang tepat.

Apakah tanah baik bagi kesehatan anak dan imunitas? Sebuah artikel yang diterbitkan oleh
New York Times bertajuk Baby Know: a Little Dirt Is Good for You melaporkan sebuah bukti yang menunjukkan makan tanah baik untuk bayi dan anak-anak. Ini adalah perilaku naluriah yang membantu melatih sistem kekebalan tubuh dengan memperkenalkan mikro-organisme penting ke dalam tubuh seorang anak yang sedang tumbuh berkembang.

"Yang seorang anak lakukan ketika ia memasukan sesuatu ke dalam mulutnya adalah membiarkan respons kekebalan tubuhnya mengeksplorasi lingkungannya," tulis Mary Ruebush, seorang Immunology Instructor dan Microbilogy, dalam bukunya,
Why Dirt Is Good. Tidak sebatas hanya sebuah 'praktek' respon imun tubuh yang diperlukan untuk perlindungan, tapi juga memainkan peran penting dalam mengajarkan respon pada imunitas yang belum matang yang selama ini terabaikan."
   
Fakta yang mengejutkan lainnya adalah  bukti yang berkembang menunjukkan bahwa cacingan justru membantu membangun respon imun. Sementara mereka menghilang dari negara-negara maju karena praktek ultra-higienis, sebagian besar cacing tidak berbahaya bagi orang bergizi baik dan memiliki efek yang baik pada kondisi seperti penyakit radang usus, Crohn dan kolitis ulserativa (peradangan pada usus halus).

Hal ini bukan berarti Anda tidak perlu memandikan bayi Anda, membiarkan rumah Anda kotor atau membiarkannya makan dari tempat sampah. Bukan itu maksudnya. Intinya harus ada keseimbangan dengan alam, biarkan anak-anak Anda bermain di (atau bahkan makan) tanah (pestisida organik / herbisida bebas kotoran, tentu saja!). Dan, ketika Anda membandingkan bayi atau anak-anak terkena bahaya phthalate (bahan kimia bahaya dalam plastik) dari mainannya, sedikit tanah tampaknya menjadi tak berbahaya.




source

Comments :

0 komentar to “Bermain Tanah Bangun Kekebalan Tubuh Anak”

Posting Komentar

Entri Populer