Diberdayakan oleh Blogger.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Lebaran, SMS dan Suara Tak "Selaris" Data




Ide Muda, Meskipun meningkat dibanding hari biasa, penggunaan layanan pesan pendek dan suara tidak setinggi penggunaan layanan data selama Lebaran. Setidaknya itu yang tercermin dari data  Telkomsel dan XL Axiata.


Untuk Telkomsel, pada hari H Idul Fitri, penggunaan layanan data meningkat 55 persen atau mencapai 157 terabita. Layanan BlackBerry juga melonjak hingga 226 persen dibanding Lebaran tahun lalu atau mencapai 7,5 Gigabita per detik (Gbps).


Penggunaan pesan pendek mencapai 1,12 milyar SMS terkirim atau naik 25 persen dibanding hari biasa serta layanan percakapan mencapai 1,28 milyar menit atau naik 24 persen dibanding Lebaran sebelumnya.  


POH Head of Corporate Communications Telkomsel Ricardo Indra mengatakan, Jawa Tengah tercatat sebagai wilayah dengan penggunaan layanan data tertinggi hingga 152 persen, khususnya di Kota Tegal dan sekitarnya, seperti Pemalang, Brebes, Kebumen, dan Cilacap.  


"Hingga H+1 Idul Fitri, konsentrasi peningkatan trafik komunikasi Telkomsel khususnya trafik layanan suara terjadi di wilayah Sumatera Barat, yakni Padang, Pariaman, dan Bukit Tinggi dengan lonjakan trafik hingga 72 persen dari hari normal. Untuk trafik SMS tertinggi terjadi di wilayah Jawa Timur dengan lonjakan trafik lebih dari 154 persen dibanding hari biasa," kata Ricardo, Selasa (21/8).  


Terpisah, Presiden Direktur XL Axiata Hasnul Suhaimi mengungkapkan, jika rata-rata harian penggunaan layanan data sebesar 52 terabita, pada Lebaran ini mencapai 62 terabita.


Ini sejalan dengan semakin meningkatnya penggunaan layanan data oleh masyarakat, seperti penggunaan layanan Blackberry Messenger (BBM), Facebook, Twitter, ataupun media jejaring sosial lainnya.


"Untuk Lebaran tahun ini mulai terjadi pergeseran. Layanan data menjadi pilihan utama dalam menyampaikan pesan Idul Fitri," kata Hasnul.






Comments :

0 komentar to “Lebaran, SMS dan Suara Tak "Selaris" Data”

Posting Komentar

Entri Populer